Benur Berkualitas Kunci Keberhasilan Budidaya Udang Windu

Benur Berkualitas Kunci Keberhasilan Budidaya Udang Windu
Oleh Syafrizal1

Pemilihan benur berkualitas merupakan salah satu kunci keberhasilan dari budidaya udang windu di provinsi aceh. Enam tahun belakangan ini atau tepatnya pasca tsunami budidaya udang windu sangat terpuruk, hal ini dilihat dari banyak pertambakan udang yang tidak produktif disepanjang pantai timur dan pantai barat.

Salah satu factor penyebab keterpurukannya budidaya udang windu adalah rentan udang windu terhadap serangan penyakit yang di sebabkan oleh virus wssv dikenal dengan penyakit bintik putih (white spot). Apabila udang terserang penyakit ini akan menyebabkan gagal panen sehingga membuat masyarakat enggan untuk memelihara udang windu.

Penggunaan benur berkualitas merupakan salah satu kunci keberhasilan dari budidaya udang windu, hal ini langsung di amini oleh Hasyim (42 th). Menurut Hasyim (42th), ketua kelompok tani Ds Krueng Teunong Kecamatan Lamno Kabupaten Aceh Jaya, mereka (petambak red) yang tergabung dalam kelompok saat ini sudah menggunakan benur berkualitas.


Benur kualitas menurut Hasyim adalah benur yang kuat terserang dari virus wssv penyebab penyakit bintik putih (white spot). Hal ini diamini oleh Syafrizal (30 th), ketua tim monitoring kesehatan ikan dan lingkungan Laboratorium Kesehatan Hewan Akuatik, Balai Budidaya Air Payau (BBAP Ujung Batee), tetapi tidak hanya benur yang menjadi kunci keberhasilan tetapi menerapkan Better Management Practice (BMP’s) dalam membudidaya udang windu juga kunci dari keberhasilan budidaya.

Mustapa (36th) salah satu anggota kelompok tani menjelaskan sebelumnya kami menggunakan benur biasa, kami sudah mengetahui bahwa BBAP Ujung Batee sudah memproduksi benur berkualitas tetapi harganya sedikit mahal hingga kami memilih benur biasa, eh ternyata bukannya keuntungan yang kami dapat tapi kerugian.

Hasyim (42th ) kembali menjelaskan keuntungan menggunakan benur berkualitas tidak hanya tahan terhadap serangat penyakit tetapi memiliki pertumbuhan yang sangat baik. Beliau sangat bersyukur bahwa BBAP Ujung Batee memproduksi benur berkualitas, benur yang bebas virus. Sehingga usaha pertambakan di kelompok tani yang diketuainya dapat berjalan dengan baik.

Mereka (petambak red) dapat membudidaya udang windu tanpa adanya perasaan takut untuk terserang penyakit, beliau pun menitip salam kepada Bukhari Is, Widya Puspitasari, Ibnu Sahidir, dan Eva Yanti yang telah melayani dengan baik saat datang ke BBAP Ujung Batee.

Apakah Benur Berkualitas?

Benur berkualitas adalah benur yang di produksi dengan menggunakan tahapan seleksi, tahapan seleski bertujuan memperketat pendeteksian transperansi virus dari induk udang windu ke benur yang di hasilkan, sehingga benur yang dihasilkan benar-benar bebas virus.

Gb. Skema produksi benur berkualitas

Keuntungan Menggunakan Benur Bekualitas

Keuntungan menggunakan benur berkualitas antara lain : benur yang dihasilkan tahan dari serangan penyakit, pertumbuhan cepat meningkat, harga sedikit lebih tinggi dari dengan benur biasa tetapi menghasilkan keuntungan lebih banyak dari benur biasa.

* Syafrizal1 : Pimred AACC (Aceh Aquaculture Communication Center) Newsletter

Perekayasa dan Analis Laboratorium Kesehatan Hewan Akuatik BBAP Ujung Batee

0 komentar:

Posting Komentar

Top a 7 day's

Pengikut

Buku Tamu


ShoutMix chat widget

Pengunjung

traffic

Waktu